Pengaruh Literasi Dalam Memperkenalkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh

Mawaddah Mufidah Siregar, 190209007 (2024) Pengaruh Literasi Dalam Memperkenalkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Mawaddah Mufidah Siregar, 190209007, FTK, PIAUD, 082274366798.pdf] Text
Mawaddah Mufidah Siregar, 190209007, FTK, PIAUD, 082274366798.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Nilai-nilai keislaman dapat diperkenalkan melalui literasi membaca. Kegiatan membaca buku religius yang dilakukan guru atau orangtua dengan anak merupakan suatu cara untuk memperkenalkan nilai-nilai Islam pada anak. Hasil observasi di TK Negeri 5 Banda Aceh terdapat beberapa peserta didik belum mengenal nilai-nilai keislaman tentang shalat, sehingga anak belum bisa mengetahui nama serta waktu shalat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi dalam memperkenalkan nilai-nilai keislaman pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design. Menggunakan kelas One Group dalam bentuk pre-test and post-test design. Subjek penelitian mengunakan teknik random sampling dengan total sampel kelas B yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian berdasarkan data hipotesis yaitu nilai thitung >ttabel yaitu 10 >1,745, terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha artinya literasi berpengaruh dalam memperkenalkan nilai-nilai keislaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mawaddah Mufidah Siregar
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:43
Last Modified: 03 Jan 2024 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34350

Actions (login required)

View Item
View Item