Pengembangan Lagu Islami Berbasis Multimedia Untuk Mengembangkan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini

Nurul Mughniy, 190210034 (2023) Pengembangan Lagu Islami Berbasis Multimedia Untuk Mengembangkan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Lagu Islami Berbasis Multimedia Untuk Mengembangkan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini] Text (Pengembangan Lagu Islami Berbasis Multimedia Untuk Mengembangkan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini)
SKRIPSI_MUGHNIY 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, permasalahan yang ada di TK Al-Muhajirin adalah media dalam mengembangkan nilai agama sangat kurang, dikarenakan hanya tersedia poster rukun islam, rukun iman, dan 25 nabi. Lagu juga berupa lagu dasar PAUD, tidak ada lagu untuk mengembangkan nilai agama. Dalam melmbelntulk kelbiasaan anak belrkata baik melnggulnakan kalimat islami julga bellulm ditelrapkan. Olelh karelna itul, belrdampak pada pelrkelmbangan anak selhingga anak banyak yang melnggulnakan kata kasar, kata eljelkan, dan tidak melngelnal kalimat yang baik (islami). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media lagu islami berbasis multimedia dalam mengembangkan nilai agama pada anak usia dini. Jenis penelitian adalah R&D (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 orang anak di TK Al-Muhajirin Aceh Besar. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sebanyak 2 kali dengan persentase 80% dengan kriteria layak. Sedangkan lembar observasi dilakukan 2 kali mendapatan persentase 90% dengan kriteria penilaian sangat layak. Hasil uji coba di TK Al-Muhajirin pada anak usia dini secara keseluruhan berjumlah 10 orang anak dengan menggunakan penilaian lembar observasi anak memperoleh nilai 67,9% memasuki kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dapat disimpulkan bahwa lagu islami berbasis multimedia untuk mengembangkan nilai agama pada anak usia dini “Layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nurul Mughniy Nurul
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:57
Last Modified: 03 Jan 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34354

Actions (login required)

View Item
View Item