Analisis Vegetasi Herba Riparian Di Kawasan Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan

Riska Akhsani, 190207022 (2024) Analisis Vegetasi Herba Riparian Di Kawasan Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Vegetasi Herba Riparian Di Kawasan Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah  Ekologi Tumbuhan] Text (Analisis Vegetasi Herba Riparian Di Kawasan Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan)
Riska Akhsani, 190207022, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Salah satu materi mata kuliah ekologi tumbuhan yaitu analisis vegetasi. Materi analisis vegetasi sudah dipelajari dengan baik dan terdapat beberapa vegetasi yaitu vegetasi pohon, vegetasi pesisir, dan vegetasi geothermal namun vegetasi riparian ini masih sangat sedikit referensinya terutama di Aceh, sehingga perlu dilakukan penelitian analisis vegetasi untuk menambah referensi tentang vegetasi riparian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan herba di kawasan riparian Pucok Krueng Raba, indeks keanekaragaman, indeks similaritas herba di kawasan Pucok Krueng Raba dengan sungai Brayeun, dan kelayakan media yang dihasilkan. Metode yang digunakan yaitu survey explorative dikombinasikan dengan purposive sampling. Analisis data dengan cara kualitatif yaitu menampilkan data nama ilmiah yang disajikan dalam bentuk gambar, tabel, deskripsi tumbuhan, dan klasifikasi. Analisis data kuantitatif yaitu menggunakan rumus indeks keanekaragaman, indeks similaritas, dan uji kelayakan. Berdasarkan hasil penelitian tumbuhan herba di kawasan riparian Pucok Krueng Raba terdapat 53 jenis tumbuhan herba dari 25 famili dengan jumlah total 1283 individu. Indeks keanekaragaman tumbuhan herba di kawasan riparian Pucok Krueng Raba diperoleh sebesar 3,6439 termasuk kategori tinggi. Indeks similaritas tumbuhan herba di kawasan riparian Pucok Krueng Raba dengan sungai Brayeun yaitu 26,6%, yang berarti kesamaan antar tumbuhan herba adalah rendah. Persentase kelayakan media yang diperoleh yaitu 86,6% dengan kategori sangat layak untuk direkomendasikan sebagai referensi tambahan pada mata kuliah ekologi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Riska Akhsani
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:09
Last Modified: 03 Jan 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34356

Actions (login required)

View Item
View Item