Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (Blt-Dd) Bagi Masyarakat Miskin Di Gampong Lamteumen Timur Kecamatan Jaya Baru – Kota Banda Aceh

Ahmad Ryan Sahary, 190802057 (2023) Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (Blt-Dd) Bagi Masyarakat Miskin Di Gampong Lamteumen Timur Kecamatan Jaya Baru – Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas, Bantuan Langsung Tunai, Masyarakat Miskin] Text (Efektivitas, Bantuan Langsung Tunai, Masyarakat Miskin)
Ahmad Ryan Sahary, 190802057, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang sampai saat ini masih belum dapat terselesaikan oleh pemerintah Indonesia. Provinsi Aceh masuk dalam kategori 10 besar provinsi termiskin di Indonesia. Berdasarkan data dirilis BPS Aceh, persentase penduduk miskin di Serambi Mekah pada bulan September 2022 sebanyak 818,47 ribu orang (14,75 persen), mengalami kenaikan sebesar 11,7 ribu orang. Maka Pemerintah Desa menganggarkan dan melaksanakan kegiatan prioritas yang bersumber dari Dana Desa menurut ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa diutamakan untuk program pemulihan ekonomi, berupa perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk BLT Desa paling sedikit 10% (sepuluh persen) dan paling banyak 25% (dua puluh lima persen) dari anggaran Dana Desa. mencermati pelaksanaan program BLT yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan ektrem di Gampong Lamteumen Timur Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait program BLT yang dilakukan oleh Aparatur Gampong Lamteumen Timur kepada masyarakat miskin serta hambatan/kendala dalam penyaluran BLT di Gampong Lamteumen Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan program BLT Dana Desa di Gampong Lamteumen Timur belum dapat dikatakan efektif dalam hal ketepatan waktu dikarenakan masih banyak masyarakat yang mengeluh terhadap keterlambatan yang membuat masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari dan pemantauan program yang belum dilakukan secara prioritas kepada masyarakat miskin penerima BLT. Adapun faktor hambatan dalam program BLT di Gampong Lamteumen Timur adalah dalam proses penyalurannya yang disalurkan tidak setiap bulan dan masyarakat banyak yang mengeluh tidak bisa membeli kebutuhan pokok pada bulan tersebut karena uang BLT belum disalurkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya Program Bantuan Langsung Tunai memberikan dampak yang baik bagi masyarakat miskin yang menerima dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ahmad Ryan Sahary Ryan
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:09
Last Modified: 03 Jan 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34357

Actions (login required)

View Item
View Item