Dampak Adab Menghafal Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Di Institut Al-Qur’an Darul Aman Kedah Malaysia

Nor Aqilah Binti Izham, 160303114 (2024) Dampak Adab Menghafal Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Di Institut Al-Qur’an Darul Aman Kedah Malaysia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Dampak Adab Menghafal Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Di Institut Al-Qur’an Darul Aman Kedah Malaysia] Text (Dampak Adab Menghafal Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Di Institut Al-Qur’an Darul Aman Kedah Malaysia)
Nor Aqilah Binti Izham, 160303114, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Praktik menghafal Al-Qur’an saat ini relatif cukup gencar dilakukan baik di sekolah dan perguruan tinggi. Hal terpenting menghafal al-Qur’an adalah menerapkan adab-adab tertentu, seperti mengambil wudhu, memegang al-Qur’an menggunakan tangan kanan dan adab lainnya. Adab menghafalkan al-Qur’an ini diupayakan agar mampu membentuk karakter yang baik kepada penghafalnya. Penelitian ini sesungguhnya hendak menelaah dampak adab menghafal al-Qur’an yang dipraktikkan oleh mahasiswa di Institut al-Qur’an Darul Aman Malaysia. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana adab menghafal al-Qur’an yang diterapkan oleh kalangan mahasiswa dan bagaimana pula dampaknya. Untuk menjawabnya, peneliti menggunakan metode ilmiah dengan penelusuran data-data dari lapangan. Pendekatan yang dipakai ialah pendekatan kualitatif, sementara jenis penelitian adalah deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adab yang diterapkan mahasiswa menghafal al-Qur’an ada 5 (lima) bentuk, yaitu berwudhu’, mengambil, membawa al-Qur’an dengan tangan kanan, membaca doa, mengulang hafalan al-Qur’an dengan metode muraja’ah, tidak berbuat maksiat. Dampak adab menghafal al-Qur’an di dalam membentuk karakter mahasiswa yaitu kehidupan mahasiswa menjadi lebih bersih baik diri sendiri, kebersihan lingkungan terbiasa mendahulukan anggota kanan di tiap aktivitasnya, selalu berdoa, karakter gigih/giat, dan kerja keras, serta menjaga pandangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nor Aqilah Binti Izham
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:14
Last Modified: 03 Jan 2024 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34361

Actions (login required)

View Item
View Item