Efektivitas Penggunaan Papan Huruf Kreatif untuk Pengenalan Keaksaraan Awal Pada Anak Kelompok B di RA Teunom Kabupaten Aceh Jaya

Rauzatul Jannah, 170210108 (2023) Efektivitas Penggunaan Papan Huruf Kreatif untuk Pengenalan Keaksaraan Awal Pada Anak Kelompok B di RA Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas, Papan Huruf Kreatif, Pengenalan Keaksaraan] Text (Efektivitas, Papan Huruf Kreatif, Pengenalan Keaksaraan)
Rauzatul Jannah, 170210108, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pengenalan aksara di kalangan anak TK RA Teunom Kabupaten Aceh Jaya terlihat belum berkembang dalam pemahaman mengenal huruf. Hal ini terlihat pada saat pendidik meminta anak-anak untuk menulis dan menebak huruf di papan tulis. Huruf-huruf yang disebutkan oleh anak masih tertukar seperti huruf C dengan D, huruf N dengan huruf M dan huruf F dengan V dan huruf W dengan V. Keadaan tersebut masih terjadi berulang-ulang dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan papan huruf kreatif untuk pengenalan keaksaraan awal pada anak RA Teunom Aceh Jaya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang anak TK RA Teunom Aceh Jaya tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan papan huruf kreatif efektif untuk pengenalan keaksaraan awal pada anak RA Teunom Aceh Jaya, hal ditandai dengan adanya uji-t dari 12,07 pada pretest naik menjadi 16,78 pada posttest.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rauzatul Jannah Puja
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:14
Last Modified: 03 Jan 2024 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34362

Actions (login required)

View Item
View Item