Sistem Klaim Terhadap Kerusakan Barang Kiriman Dalam Perspektif Akad Kafalah (Studi Kasus Pada PT Indah Cargo Banda Aceh)

Haikal Fikri Runandar, 190102175 (2023) Sistem Klaim Terhadap Kerusakan Barang Kiriman Dalam Perspektif Akad Kafalah (Studi Kasus Pada PT Indah Cargo Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Klaim Terhadap Kerusakan Barang Kiriman Dalam Perspektif Akad Kafalah (Studi Kasus Pada PT Indah Cargo Banda Aceh)] Text (Sistem Klaim Terhadap Kerusakan Barang Kiriman Dalam Perspektif Akad Kafalah (Studi Kasus Pada PT Indah Cargo Banda Aceh))
SKRIPSI HAIKAL (ready & terbaru) REVISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

PT. Indah Cargo Banda Aceh merupakan jasa ekspedisi pengiriman barang dalam skala besar maupun kecil yang banyak diminati konsumen, hal itu dikarenakan tingkat kepercayaan konsumen yang sangat tinggi atas keselamatan barang yang dititipkan kepada ekspedisi Indah Cargo Banda Aceh. Sistem klaim ataupun perjanjian pertanggungan risiko oleh PT. Indah Cargo Banda Aceh telah diatur dalam Standar Operating Procedure yang sudah memiliki ketentuan dan pertanggungjawaban terhadap kerugian pengiriman barang konsumen. Oleh karena itu penulis ingin meneliti secara terperinci terkait bentuk pertanggungan risiko yang diberikan oleh PT. Indah Cargo terhadap konsumen, apabila terjadinya keterlambatan, kerusakan, ataupun kehilangan. Berdasarkan fakta tersebut, maka yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perhitungan nilai kerusakan dan bentuk penggantian kerugian oleh pihak ekspedisi terhadap objek kiriman pada PT. Indah Cargo banda aceh? Serta bagaimana perspektif akad kafalah terhadap sistem klaim pada kerusakan objek kiriman di PT. Indah Cargo Banda Aceh?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan penelitian yuridis sosiologis empiris dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam hal ini diperoleh dari dokumen-dokumen dan data lapangan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur klaim yang ditetapkan oleh PT. Indah Cargo sudah sesuai dengan ketentuan ekspedisi yang berlaku. Pemenuhan perjanjian klausula yang telah disepakati dalam proses pengiriman barang dilihat dari tanggung jawab pelaku usaha dalam ganti rugi pada barang jika terjadi kerusakan, kehilangan atau keterlambatan. Pertanggungan risiko terhadap keselamatan barang sesuai dengan tinjauan konsep kafalah dalam fiqh muamalah di mana pertanggungan pada keselamatan barang bertumpu pada konsep tolong-menolong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Haikal Fikri Runandar Haikal
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:27
Last Modified: 03 Jan 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34366

Actions (login required)

View Item
View Item