Penerapan Metode Sam’iyah Syafahiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Berbicara di Pesantren Ruhul A’zham Gayo Lues

Megawati, 170202134 (2023) Penerapan Metode Sam’iyah Syafahiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Berbicara di Pesantren Ruhul A’zham Gayo Lues. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Berbicara] Text (Kemampuan Berbicara)
Megawati, 170202134, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dari pengamatan peneliti dalam proses pembelajaran bahasa Arab, kemampuan berbicara siswa lemah karena kurangnya keinginan dan motivasi mereka. Masalah ini bisa disebabkan oleh metode lama yang tidak sesuai dengan pembelajaran kalam. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan penggunaan metode sam’iyah syafahiyah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara dan untuk mengidentifikasi aktivitas guru dan siswa ketika menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Adapun temuan pertama dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode sam’iyah syafahiyah efektif untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa di pesantren Ruhul A’zham Gayo Lues, dibuktikan dengan hasil Test Wilcoxon Signed Rank Test, yang memperoleh tingkat signifikansi (Asymp.Sig.2-tailed) 0,000 lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05, yang menunjukkan bahwa hipoTestis alternatif (Ha) diterima dan hipoTestis nol (Ho) ditolak. Selanjutnya temuan kedua bahwa kegiatan guru dan siswa ketika menerapkan metode sam’iyah syafahiyah baik dan mempengaruhi peningkatan kemampuan keterampilan berbicara siswa sebagaimana hasil yang diperoleh dari kegiatan guru adalah 92,5% dan kegiatan siswa adalah 87,5%.

Kata Kunci: Penerapan, Metode Sam’iyah Syafahiyah, Kemampuan Berbicara

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Megawati Mega
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:42
Last Modified: 03 Jan 2024 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34368

Actions (login required)

View Item
View Item