Penerapan Metode SAS dengan Media Lagu dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 29 Aceh Besar

Fitriyani, 190209015 (2023) Penerapan Metode SAS dengan Media Lagu dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 29 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode SAS dengan Media Lagu dalam  Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 29 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode SAS dengan Media Lagu dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 29 Aceh Besar)
SKRIPSI FITRIYANI WISUDA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penerapan Metode SAS dengan Media Lagu dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemulaan Siswa Kelas II MIN 29 Aceh Besar”, bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan metode SAS dengan Media Lagu serta peningkatan kemampuan membaca pemulaan siswa melalui penerapan metode SAS dengan media lagu di kelas II MIN 29 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian PTK. Subjek dalam penelitian siswa kelas II sebanyak 22. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes. Analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas guru dalam proses mengelola pembelajaran pada siklus I dengan menerapkan metode SAS dan media lagu mencapai nilai presentase 73,75% dengan kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,52% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I dengan menerapkan metode SAS dan media lagu mencapai nilai presentase 70% dengan kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,44% dengan kategori sangat baik. Kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I yaitu 64%, pada siklus II naik menjadi 86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui metode SAS dan media lagu dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitriyani Fitri
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:27
Last Modified: 04 Jan 2024 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34369

Actions (login required)

View Item
View Item