Strategi Guru Bidang Studi SKI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 4 Banda Aceh

Dede Syarifah Aini, 190201107 (2023) Strategi Guru Bidang Studi SKI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Guru Bidang Studi SKI dalam MengatasiKesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 4 Banda Aceh] Text (Strategi Guru Bidang Studi SKI dalam MengatasiKesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 4 Banda Aceh)
Dede Syarifah Aini (190201107).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan belajar merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Faktor seperti kurangnya pemahaman konsep, metode pembelajaran yang kurang variatif, dan jarangnya penggunaan media pembelajaran SKI memperburuk situasi. Pemberian tugas mandiri tanpa bimbingan langsung juga membuat peserta didik sulit memahami alur cerita sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi mengatasi kesulitan belajar peserta didik, kendala dan solusinya yang perlu dilakukan guru SKI dalam proses pembelajaran SKI di kelas. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif (mixed method) denganteknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket yang dibagikan kepada 32 orang peserta didik pada kelas VIII.1 MTsN 4 Banda Aceh, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru SKI di MTsN 4 Banda Aceh menggunakan beberapa strategi efektif dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI. Strategi tersebut melibatkan uji kompetensi, keterlibatan aktif peserta didik selama pembelajaran, variasi metode pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang motivatif, dan memberikan perhatian individual kepada peserta didik yang mengalami kesulitan. Hasil angket menunjukkan sebagian besar peserta didik setuju dengan strategi ini. Hal ini terlihat dari data angket responden yang memberikan jawaban dengan presentase 37,5% memilih sangat setuju, 59,4% memilih setuju, 3,1% memilih tidak setuju dan 0% memilih sangat tidak setuju. Guru menghadapi kendala seperti jadwal pelajaran yang tidak ideal, minimnya minat dan literasi peserta didik, serta variasi pembelajaran yang harus disesuaikan dengan karakter peserta didik. Solusinya melibatkan upaya meningkatkan motivasi belajar, kerjasama dengan orang tua, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi guru memiliki peran penting dalam membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Syarifah Aini Dede
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:28
Last Modified: 04 Jan 2024 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34371

Actions (login required)

View Item
View Item