Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh

Nuzulul Fitriana, 190209002 (2023) Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh] Text (Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh)
SKRIPSI NUZULUL FITRIANA (190209002).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tentang peningkatan kreativitas dan hasil belajar melalui model kooperatif tipe jigsaw didasarkan pada permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu di MIS Lamgugob Banda Aceh terlihat masih rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa disebabkan oleh tidak adanya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi. Maka dari itu, pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, peningkatan keativitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjeknya adalah siswa kelas V-b MIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil observasi kreativitas siswa dianalisis berdasarkan kategori kreatif. Data hasil tes dianalisis berdasarkan nilai KKM (75) dengan ketuntasan klasikal 80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 75,89% dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96,42% dengan kategori baik sekali, hasil analisis observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 62,28% dengan kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,64% dengan kategori baik sekali. Adapun hasil observasi kreativitas siswa pada siklus I yaitu 52,5% dengan kategori kurang kreatif dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95% dengan kategori Kreatif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I 57,14% kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,57% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Fitriana Nuzul
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:25
Last Modified: 04 Jan 2024 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34372

Actions (login required)

View Item
View Item