Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Mahasiswi yang Merantau Di Banda Aceh

Siti Widya Afrila, 190901044 (2023) Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Mahasiswi yang Merantau Di Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konsep Diri, Cinderella Complex, Mahasiswi Merantau] Text (Konsep Diri, Cinderella Complex, Mahasiswi Merantau)
Siti Widya Afrila, 190901044, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Cinderella Complex adalah suatu jaringan sikap dan rasa takut yang sebagian besarnya tertekan sehingga wanita tidak bisa dan tidak berani memanfaatkan sepenuhnya kemampuan otak dan kreativitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kecenderungan cinderella complex pada mahasiswi yang merantau di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan metode korelasi. Alat ukur pada penelitian ini yaitu skala konsep diri yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek dari teori yang dikemukakan oleh Calhoun dan Acocella (1990) dan skala cinderella complex yang mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh teori Dowling (1995). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 mahasiswi yang merantau di Banda Aceh pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik Purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi dari Spearman. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi r = -0,426 dengan ρ = 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan kecenderungan cinderella complex. Artinya, semakin tinggi konsep diri maka semakin rendah kecenderungan cinderella complex, sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi pula kecenderungan cinderella complex yang dialami oleh mahasiswi yang merantau di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Siti Widya Afrila Widya
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:15
Last Modified: 05 Jan 2024 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34378

Actions (login required)

View Item
View Item