Efektivitas Sistem Parkir Elektronik (E-Parkir) Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Banda Aceh

Muhammad Zulhilmi, 180802023 (2023) Efektivitas Sistem Parkir Elektronik (E-Parkir) Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektifitas, E-Parkir non-tunai , DISHUB Kota Banda Aceh] Text (Efektifitas, E-Parkir non-tunai , DISHUB Kota Banda Aceh)
Muhammad Zulhilmi, 180802023, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan perparkiran sering kali terjadi di berbagai kota di Indonesia, mulai dari penggunaan badan jalan yang dapat membuat kemacetan jalan sampai ke kebocoran dari sisi juru parkir, parkir merupakan suatu cara agar dapat meningkatkan PAD, Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh melakukan pengembangan sistem parkir yaitu dengan menerapkan parkir elektronik non-tunai sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Tujuan penelitian adalah untuk melihat Efektivitas sistem parkir elektronik (E-Parkir) dalam pengelolaan parkir di Kota Banda Aceh dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan parkir elektronik tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Sistem Pelayanan Parkir Elektronik di Kota Banda Aceh telah berjalan selama 1 tahun di Kota Banda Aceh, tetapi dalam pelaksanaannya sistem e-parkir ini masih belum berjalan dengan efektif karena masih banyaknya pengguna parkir yang masih belum mengetahui mengenai sistem pembayaran online yang diterapkan di area parkir tersebut, hal ini juga disebabkan oleh tingkat literasi digital masyarakat yang masih rendah dan aksesibilitas terhadap alat pembayaran elektronik yang belum terbiasa. Adapun Faktor penghambat dari parkir elektronik ini masih belum adanya regulasi khusus yang mengatur pelayanan E-parkir dan penghambat lain masih kurangnya pemahaman tentang sistem parkir elektronik, dan perilaku tidak patuh seperti menerobos palang. Selanjutnya, masalah kelistrikan juga merupakan faktor eksternal yang dapat memengaruhi kinerja sistem parkir elektronik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muhammad Zulhilmi Hilmi
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:47
Last Modified: 04 Jan 2024 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34388

Actions (login required)

View Item
View Item