Pengaruh Program Perpustakaan Terhadap Kunjungan Siswa Di Perpustakaan Sekolah MAN 1 Nagan Raya

Nadia Nurjanah Saleh, 180503130 (2024) Pengaruh Program Perpustakaan Terhadap Kunjungan Siswa Di Perpustakaan Sekolah MAN 1 Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Program Perpustakaan Terhadap Kunjungan Siswa Di Perpustakaan Sekolah MAN 1 Nagan Raya] Text (Pengaruh Program Perpustakaan Terhadap Kunjungan Siswa Di Perpustakaan Sekolah MAN 1 Nagan Raya)
Nadia Nurjanah Saleh, 180503130, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh program perpustakaan terhadap kunjungan siswa di perpustakaan Sekolah MAN 1 Nagan Raya”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program perpustakaan berpengaruh terhadap kunjungan siswa di perpustakaan Sekolah MAN 1 Nagan Raya. Penelitian ini menggunakaan metode kuantitatif, dengan pendekatan regresi linear sederhana. Populasi pada penelitian ini berjumlah 380 siswa yang terdiri dari siswa kelas 1-3 maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 79 orang siswa dengan menggunakan teknik Non Probalility Sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan penyebaran angket. Nilai korelasi pada penelitian ini yaitu sebesar 0,621 yang artinya korelasinya (kuat), sedangkan untuk nilai koefisien diterima sebesar 38,5% yang menunjukan bahwa variabel program perpustakaan mempengaruhi variabel kunjungan pemustaka, untuk sisanya 61,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS Versi 23.0, maka ditemukan hasil dari persamaan regresi ialah Y= 6,979 + 0,672X, dengan konstanta mempunyai nilai sebesar 6,979 yang artinya apabila variabel program perpustakaan konstan, maka kunjungan pemustaka/siswa ialah sebesar 6,979, sehingga semakin baik program perpustakaan maka semakin meningkatnya kunjungan pemustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini ialah H_1 diterima, artinya terdapat pengaruh program perpustakaan terhadap kunjungan siswa di perpustakaan sekolah MAN 1 Nagan Raya dengan nilai signifikan pada regrasi adalah 0,000 < 0,05. Dengan melihat pembuktian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa program perpustakaan berpengaruh terhadap kunjungan pemustaka di perpustakaan sekolah MAN 1 Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nadia Nurjanah Saleh
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:51
Last Modified: 04 Jan 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34391

Actions (login required)

View Item
View Item