Penerapan Media Truth or Dare Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MAN 3 Kota Banda Aceh

Liawarika, 190213051 (2023) Penerapan Media Truth or Dare Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MAN 3 Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Bimbingan Kelompok,  Media Truth or Dare, Kepercayaan Diri] Text (Bimbingan Kelompok, Media Truth or Dare, Kepercayaan Diri)
Liawarika, 190213051 , FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan sikap yakin atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginan dan tanggung jawab atas perbuatanya, serta mudah dalam berinteraksi dengan orang lain. Pada faktanya masih banyak terdapat siswa MAN 3 Kota Banda Aceh yang memiliki kepercayaan diri yang rendah, sehingga perlu upaya meningkatkan kepercayaan diri menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan media permainan Truth or Dare. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan media Truth or Dare dengan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN 3 Kota Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen berbentuk One Group Pretest-Postest Desain, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS 3 berjumlah 27 siswa. Total sampel penelitian berjumlah 10 siswa, dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kepercayaaan diri. Analisis data uji normalitas menggunakan SPSS versi 22 Shapiro Wilk dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil paired samples test uji-T bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sesduah dan sebelum diberikan media Truth or Dare, hal ini membuktikan bahwa hasil uji hipotesis kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah mempunyai skor yang lebih tinggi. Berdasarkan skor tafsiran efektivitas N-Gain termasuk pada kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil analisis pembahasan dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media Truth or Dare melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Liawarika Lia
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:48
Last Modified: 04 Jan 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34392

Actions (login required)

View Item
View Item