Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Website 2 APK Builder pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMAN 16 Banda Aceh

Dinda Nur Khofifah, 170207135 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Website 2 APK Builder pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMAN 16 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Pembelajaran, Website 2 Apk Builder, Sistem Peredaran Darah] Text (Media Pembelajaran, Website 2 Apk Builder, Sistem Peredaran Darah)
Dinda Nur Khofifah, 170207135, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana komunikasi yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Kurangnya penggunaan media pembelajaran di SMAN 16 Banda Aceh merupakan salah satu penyebab siswa sulit memahami materi yang disampaikan. Media pembelajaran mampu menarik perhatian siswa untuk dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran menggunakan Website 2 Apk Builder pada materi sistem peredaran darah, menguji kelayakan media dan menganalisis hasil respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan Website 2 Apk Builder pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development (R&D) dengan model ADDIE meliputi analyze, design, development, implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penenelitian ini adalah 3 ahli materi dan 3 ahli media. Objek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI SMAN 16 Banda Aceh. Instrument dalam penelitian ini yaitu berupa validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa. Analisis data kelayakan dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Media pembelajaran ini menghasilkan sebuah aplikasi dan didesain menggunakan Canva, Powerpoint, Ispring Suite serta dikembangkan menggunakan Website 2 Apk Builder. Hasil uji kelayakan media pembelajaran menggunakan Website 2 Apk Builder diperoleh nilai persentase sebesar 88,6% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Website 2 Apk Builder diperoleh nilai persentase sebesar 88,3% dengan kriteria “sangat menarik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan Website 2 Apk Builder sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dinda Nur Khofifah Dinda
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:25
Last Modified: 04 Jan 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34394

Actions (login required)

View Item
View Item