Strategi Promosi Literasi Melalui Wisata Pantai (Studi Pembelajaran Pada Sophie’s Sunset Library)

Dwi Oktaviani, 190503029 (2024) Strategi Promosi Literasi Melalui Wisata Pantai (Studi Pembelajaran Pada Sophie’s Sunset Library). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Strategi Promosi Literasi Melalui Wisata Pantai (Studi Pembelajaran Pada Sophie’s Sunset Library)] Text (Strategi Promosi Literasi Melalui Wisata Pantai (Studi Pembelajaran Pada Sophie’s Sunset Library))
Dwi Oktaviani, 190503029, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Promosi Literasi melalui Wisata Pantai (Studi Pembelajaran pada Sophie’s Sunset Library)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan promosi literasi melalui wisata pantai yang telah dilakukan oleh Sophie’s Sunset Library memberikan dampak positif kepada masyarakat serta apa saja tantangan yang dihadapi dalam mempromosikan literasi kepada masyarakat melalui wisata pantai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengelola Sophie’s Sunset Library dan 6 (enam) orang peserta kegiatan promosi literasi yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, masing-masing diantaranya 2 (dua) orang dari kegiatan Festival Literasi Kecil Aceh, Bookdate, dan Malam Minggu Berpuisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi literasi melalui wisata pantai yang dilakukan oleh Sophie’s Sunset Library adalah dengan membangun komunikasi dengan pemustaka, membangun kerjasama dengan pihak ketiga, dan membuat program-program promosi literasi. Strategi promosi literasi yang dilakukan memberikan dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat, yaitu adanya peningkatan partisipasi masyarakat pada kegiatan-kegiatan literasi, menstimulasikan inovasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, serta mendorong minat membaca dan belajar masyarakat. Kemudian tantangan yang dihadapi Sophie’s Sunset Library dalam mempromosikan literasi melalui wisata pantai, yaitu; Pertama, lokasi yang jauh dari pusat kota. Kedua, keterbatasan anggaran dalam operasional pustaka Sophie’s Sunset Library.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Dwi Oktaviani
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:58
Last Modified: 04 Jan 2024 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34399

Actions (login required)

View Item
View Item