Kebijakan Preservasi Koleksi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Khairunnisa, 190503009 (2024) Kebijakan Preservasi Koleksi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Kebijakan Preservasi Koleksi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Kebijakan Preservasi Koleksi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Khairunnisa, 190503009, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kebijakan Preservasi Koleksi Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan preservasi koleksi dan kendala pada saat pelaksanaan kebijakan preservasi koleksi perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan pada penelitian ini berjumlah tiga orang yang terdiri dari satu Kabid Bidang Pelestarian Bahan Pustaka, satu Sub Koordinator Bidang Pelestarian Bahan Pustaka dan satu orang pustakawan. Kebijakan untuk preservasi terdiri dari 6 kebijakan yaitu memerintahkan kepada Sub Koordinator untuk melaksanakan kegiatan perbaikan buku rusak, memerintahkan Fungsional Umum untuk menyiapkan perlengkapan perbaikan buku rusak, mengumpulkan buku rusak yang akan diperbaiki, memperbaiki buku sesuai dengan kerusakan, menyusun/shelving buku yang sudah diperbaiki, menyerahkan daftar judul hasil perbaikan buku kepada Kasubbid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan preservasi telah dilakukan namun ada beberapa kebijakan yang belum dilakukan secara optimal. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan preservasi koleksi perpustakaan yaitu keterbatasan jumlah sumber daya manusia yang ahli dalam bagian preservasi, belum tersedianya ruangan khusus preservasi dan terbatasnya anggaran yang memadai. Solusi yang dapat diberikan meliputi instansi harus mengoptimalkan ketersediaan dana yang cukup dengan guna memenuhi peralatan preservasi prioritas yang dibutuhkan, mampu mengarahkan pustakawan di bagian pelestarian agar mengikuti pelatihan atau webinar untuk menambah pengetahuan dan wawasan pustakawan agar memiliki kemampuan dan segera membenahi dan melengkapi apa saja yang dibutuhkan perpustakaan sehingga memudahkan proses kebijakan preservasi koleksi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Khairunnisa Khairunnisa
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:58
Last Modified: 04 Jan 2024 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34402

Actions (login required)

View Item
View Item