Efektivitas Model Pembelajaran Paired Storytelling terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas VI MIN 10 Kota Banda Aceh

Nurul Khairunnisak, 200209068 (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Paired Storytelling terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas VI MIN 10 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Model Pembelajaran Paired Storytelling] Text (Efektivitas Model Pembelajaran Paired Storytelling)
skripsi 1-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif saat proses pembelajaran. Siswa terlihat kurang siap untuk menyimak materi ajar yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut terlihat dari perhatian siswa tidak terpusatkan kepada guru, melainkan siswa sibuk berbicara dan beberapa siswa lainnya terlihat bosan serta mengantuk pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran paired storytelling terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VI MIN 10 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu jenis preexperimental design dengan desain penelitian One-Group-Pretest-Posttest design. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang merupakan semua populasi yang ada di kelas VI B MIN 10 Kota Banda Aceh sebanyak 28 orang siswa, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas analisis data deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes untuk mengukur kemampuan menyimak siswa. Untuk melihat signifikan data berlaku untuk seluruh populasi atau tidak maka diujilah signifikan menggunakan uji t korelasi. Berdasarkan hasil dari uji t maka didapatkan nilai t_hitung = 7,212598 dan nilai t_tabel = 1,7056. Harga t_hitung dibandingkan dengan harga t_tabel. Dengan kaidah pengujian, jika t_hitung ≥ t_tabel, maka H_0 ditolak dan H_a diterima, dan sebaliknya jika t_hitung ≤ t_tabel, maka H_0 diterima dan H_a ditolak. Berdasarkan perhitungan diatas, α = 0,05 dan n = 28, dk = 28-2 = 26, sehingga diperoleh t_tabel = 1,7056. Jadi karena〖 t〗_hitung ≥ t_tabel yaitu 7,212598 ≥ 1,7056 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan kata lain dapat diketahui bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran paired storytelling terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VI MIN 10 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Khairunnisak Nurul
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:59
Last Modified: 04 Jan 2024 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34404

Actions (login required)

View Item
View Item