Efektivitas Teknik Role Playing Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Academic Burnout Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Imarah

Muhammad Rizqi Al Khair, 190213007 (2023) Efektivitas Teknik Role Playing Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Academic Burnout Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Imarah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Role Playing, Layanan Bimbingan Kelompok, Academic Burnout] Text (Role Playing, Layanan Bimbingan Kelompok, Academic Burnout)
Muhammad Rizqi Al Khair, 190213007, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Academic Burnout merupakan suatu keadaan kelelahan fisik, mental, sikap dan emosi individu dalam melakukan pekerjaan yang intens serta dalam jangka waktu yang panjang (Maslach). Terdapat siswa SMP Negeri 1 Darul Imarah yang masih banyak memiliki tingkat academic burnout tinggi, sehingga diperlukan upaya untuk mengurangi academic burnout siswa melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi academic burnout. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode dalam penelitian menggunakan Metode One Group Pre-test Post-test Design, dengan subjek penelitian sebanyak 8 siswa, diperoleh dengan teknik insidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner tertutup berskala Likert untuk mengukur academic burnout siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas pada program SPSS versi 23 Shapiro Wilk dengan taraf signifikan 5%. Pada paired sample test uji-T bertujuan untuk membandingkan antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Berdasarkan hasil paired sample test uji-T bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sesudah dan sebelum diberikan teknik role playing. Berdasarkan skor tafsiran efektivitas N-Gain termasuk kategori efektif yaitu 99,7 % dengan persentase kategori efektivitas kisaran >76. Berdasarkan hasil analisis pembahasan dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi academic burnout siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Muhammad Rizqi AL Khair Rizqi
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:07
Last Modified: 04 Jan 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34407

Actions (login required)

View Item
View Item