Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pegadaian Syariah UPS Ulee Kareng)

Reza Al-hakim, 190602115 (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pegadaian Syariah UPS Ulee Kareng). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Loyalitas Nasabah] Text (Loyalitas Nasabah)
Reza Al-Hakim, 190602115, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah merupakan faktor penting untuk meningkatkan tingkat loyalitas nasabah, dan ini merupakan hal yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan pelayanan jasa atau produk, termasuk seperti perusahaan yang berjalan dibidang pegadaian syariah. Pihak pegadaian tentu harus melakukan berbagai cara untuk membuat peran pegadaian syariah mencapai titik dimana semua pelayanan yang diberikan kepada nasabah dapat menciptakan rasa kepuasan, kenyamanan, kepercayaan sehingga tingkat loyalitas juga akan meningkat dalam dari diri nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh dari Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi Pada Pegadaian Syariah UPS Ulee Kareng. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan metode kuantitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 97 orang nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dan data diolah menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Kualitas Pelayanan (X1) dan Kepuasan Nasabah (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam pada Pegadaian Syariah UPS Ulee Kareng. Kemudian hasil pengujian secara parsial variabel Kualitas Pelayanan (X1) tidak berpengaruh terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam pada Pegadaian Syariah UPS Ulee Kareng. Lalu variabel Kepuasan Nasabah (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam pada Pegadaian Syariah UPS Ulee Kareng.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Reza Al-Hakim Reza
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:20
Last Modified: 04 Jan 2024 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34413

Actions (login required)

View Item
View Item