Efektivitas Sistem Electronic Traffic Law Enforcement Dalam Menurunkan Tingkat Pelanggar Lalu Lintas di Kota Banda Aceh

Syahrizal, 180802039 (2023) Efektivitas Sistem Electronic Traffic Law Enforcement Dalam Menurunkan Tingkat Pelanggar Lalu Lintas di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas, ETLE, Pelanggar Lalu Lintas] Text (Efektivitas, ETLE, Pelanggar Lalu Lintas)
Syahrizal, 180802039, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Tingkat pelanggar lalu lintas di Kota Banda Aceh masih tergolong tinggi. Pada tahun 2021 di Kota Banda Aceh terjadi 45.721 pelanggaran lalu lintas. Di tahun 2022 di Kota Banda Aceh terjadi 23.566 pelanggaran. Pada tahun 2023 mulai 1 Januari-Juni terjadi 121.978 pelanggaran. Dalam rangka untuk menertibkan serta menurunkan tingkat pelanggar lalu lintas maka diberlakukanlah sistem Electronic Traffic Law Enforcement. ETLE merupakan sistem penegakan hukum berlalu lintas yang memanfaatkan perangkat elektronik berupa kamera CCTV untuk merekam pelanggar lalu lintas secara langsung. Namun dalam penerapannya, ETLE masih dirasa kurang efektif karena tidak semua ruas jalan di Kota Banda Aceh dilengkapi kamera ETLE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana efektivitas sistem Electronic Traffic Law Enforcement dalam menurunkan tingkat pelanggar lalu lintas di Kota Banda Aceh dan faktor hambatan sistem Electronic Traffic Law Enforcement di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem Electronic Traffic Law Enforcement di Kota Banda Aceh belum berjalan secara efektif. Dapat dilihat dari sosialisasi yang tidak menjangkau seluruh masyarakat sehingga masyarakat kurang begitu paham dengan program tersebut, disamping itu tujuan program juga belum tercapai dengan tingginya jumlah pelanggar lalu lintas. Berdasarkan hal tersebut diharapkan Ditlantas Polda Aceh untuk lebih meningkatkan sosialisasi kepada pengguna jalan tentang bagaimana mematuhi aturan lalu lintas, dan masyarakat juga harus ikut bekerjasama dengan turut mematuhi rambu lalu lintas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Syahrizal Syahrizal
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:24
Last Modified: 04 Jan 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34416

Actions (login required)

View Item
View Item