Peran Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA

Yuliatul Nazira, 190205056 (2024) Peran Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma/Ma] Text (Peran Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma/Ma)
Yuliatul Nazira, 190205056, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan hal penting dalam belajar matematika yang harus dikuasai siswa, namun kenyataannya hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Salah satu upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT berbantuan LKPD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran REACT berbantuan LKPD dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan eksperimen desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Aceh Besar. Pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test yang berisi soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji N-Gain dan uji t pihak kanan, diperoleh bahwa hasil rata-rata angka N-Gain pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, yakni 0,61>0,33 walaupun sama-sama berada pada kategori sedang dapat dilihat bahwa selisih rata-ratanya adalah 0,28. Kemudian diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 6,46>1,68 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran REACT lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Peningkatan tersebut terjadi karena keaktifan siswa dalam mengaitkan pengetahuan terdahulu dan kehidupan nyata untuk menemukan konsep baru, berkerjasama dengan kelompoknya saling berbagi pengetahuan, serta mentransfer pengetahuan dalam konteks baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yuliatul Nazira
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:28
Last Modified: 04 Jan 2024 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34418

Actions (login required)

View Item
View Item