Peran Tuha Peut Gampong Desa Bakau Hulu Aceh Selatan Dalam Pembentukan Legislasi Desa

Vedri Satria, 180802047 (2023) Peran Tuha Peut Gampong Desa Bakau Hulu Aceh Selatan Dalam Pembentukan Legislasi Desa. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran, Tuha Peut Gampong, Legislasi, Desa] Text (Peran, Tuha Peut Gampong, Legislasi, Desa)
Vedri Satria, 180802047, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tuha Peut Gampong atau nama lain adalah unsur pemerintahan gampong yang berfungsi sebagai badan permusyawaratan desa yang disebut legislatif gampong. Gampong memiliki tugas dan kewenangan untuk mengatur dan mengurus masyarakatnya, maka gampong memiliki kewenangan untuk membuat dan menetapkan peraturan untuk lingkup gampong yang di sebut dengan peraturan gampong atau legislasi desa. Penetapan legislasi desa dilakukan oleh tuha peut gampong bersama dengan keuchik gampong sesuai dengan yang telah di sahkan dalam Qanun Kabupaten Aceh Selatan Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pemerintahan Gampong. Tuha Peut dalam menjalankan fungsinya memiliki peranan yang sangat penting dapat mempengaruhi dinamika kehidupan masyarakat gampong, khusunya di Desa Bakau Hulu, Kaupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran tuha peut gampong Desa Bakau Hulu dalam pembentukan legislasi desa serta faktor-faktor yang menjadi penghambat Tuha Peut Gampong Desa Bakau Hulu dalam pembentukan legislasi desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya peran tuha peut gampong dalam pembentukan legislasi desa belum berjalan secara optimal. Penelitian ini mensimpulkan bahwa peran tuha peut gampong desa bakau hulu dalam pembentukan legislasi desa sekarang ini masih belum optimal dan harus terus di evaluasi dan membenah kerja tuha peut gampong dalam pembentukan legislasi desa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Vedri Satria Vedri
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:24
Last Modified: 04 Jan 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34420

Actions (login required)

View Item
View Item