Analisis Terapi Wicara Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Speech Delay Usia 4-5 Tahun di PAUD Harsya Banda Aceh

Yunika Bancin, 190210045 (2023) Analisis Terapi Wicara Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Speech Delay Usia 4-5 Tahun di PAUD Harsya Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Terapi Wicara Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Speech Delay Usia 4-5 Tahun di PAUD Harsya Banda Aceh] Text (Analisis Terapi Wicara Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Speech Delay Usia 4-5 Tahun di PAUD Harsya Banda Aceh)
Yunika Bancin (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Anak Speech Delay merupakan anak yang mengalami gangguan dalam kemampuan berbahasa dan tingkat kemampuan bahasanya tidak sesuai dengan perkembangan bahasa anak seusianya. Terapi wicara merupakan usaha perbaikan bahasa anak dengan cara memberikan beberapa latihan-latihan kepada anak. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan ada 4 anak speech delay usia 4-5 tahun di PAUD Harsya Banda Aceh, Terapi wicara telah ada semenjak tahun 2020 dan banyak meningkatkan bahasa anak speech delay di PAUD tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui prosedur terapi wicara di PAUD Harsya Ceria Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, satu orang guru dan dua orang terapis di PAUD Harsya Ceria Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur terapi wicara di PAUD ini menggunakan metode ABA dan ditambah dengan strategi kayang. Adapun kendala dalam menerapkan terapi wicara yang ada di PAUD ini adalah ketika orang tua tidak ikut terlibat dalam membantu meningkatkan bahasa anak dan ditambah dengan hari libur yang membuat proses terapi wicara terhambat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Yunika Bancin Yunika
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:40
Last Modified: 04 Jan 2024 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34421

Actions (login required)

View Item
View Item