Strategi Dakwah Forum Dakwah Perbatasan (FDP) Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Minoritas Muslim Di Desa Suka Dame Kabupaten Dairi

Safriansyah Pasi, 221007006 (2024) Strategi Dakwah Forum Dakwah Perbatasan (FDP) Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Minoritas Muslim Di Desa Suka Dame Kabupaten Dairi. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of Karya ilmiyah ini menjelaskan tentang strategi dakwah Forum Dakwah Perbatasan (FDP) dalam meningkatkan pemahaman agama minoritas mulsim di perbatasan] Text (Karya ilmiyah ini menjelaskan tentang strategi dakwah Forum Dakwah Perbatasan (FDP) dalam meningkatkan pemahaman agama minoritas mulsim di perbatasan)
Safriansyah Pasi, 221007006, KPI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi strategi dakwah yang dilakukan oleh Forum Dakwah Perbatasan (FDP) untuk meningkatkan pemahaman agama muslim minoritas di Desa Suka Dame, Kabupaten Dairi. Melalui pengiriman da’i ke wilayah perbatasan Aceh dan Sumut, FDP berupaya membentengi akidah umat Islam serta mengatasi berbagai tantangan, seperti pendangkalan akidah, pemurtadan, kemiskinan, kejahilan, kesyrikan, perdukunan, dan rendahnya tingkat pendidikan terkait pemahaman agama Islam, dalam penelitian ini penulis mengambil salah satu lembaga dakwah yang turun langsung kedaerah tersebut yaitu FDP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (in-depth interview), observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 17 orang diantaranya, Kepala Desa Suka Dame, perangkat desa, masyarakat setempat, pengurus BKM Masjid, da’i perbatasan di Desa Suka Dame, serta Ketua FDP beserta pengurus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan program-program yang dilakukan oleh Forum Dakwah Perbatasan (FDP) dalam mengatasi problematika yang terjadi di Desa Suka Dame Kabupaten Dairi, berjalan dengan efektif seperti anak-anak Muslim Desa Suka Dame sudah menganal huruf Al-Qur’an, sudah bisa membaca iqr’a, sudah bisa melaksanakan shalat, terbentuknya pengajian ibu-ibu perwiritan. Kemudian FDP menyekolahkan anak-anak Desa Suka Dame kepesantren dengan gratis merupakan langkah positif dalam mendukung pemahaman agama di tengah minoritas Muslim. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam terhadap strategi dakwah FDP dalam konteks pemahaman agama muslim minoritas, memberikan kontribusi pada pengembangan strategi dakwah yang lebih efektif di wilayah perbatasan.
Kata Kunci: Strategi Dakwah, FDP, Pemahaman Agama, Desa Suka Dame

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Safriansyah Pasi Safri
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:22
Last Modified: 05 Jan 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34428

Actions (login required)

View Item
View Item