Aplikasi E-Keurani Dalam Mengintegrasikan Data Aparatur Sipil Negara Pada Badan Kepegawaian Aceh

Dimas Dinata, 190802037 (2023) Aplikasi E-Keurani Dalam Mengintegrasikan Data Aparatur Sipil Negara Pada Badan Kepegawaian Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Aplikasi E-Keurani, Integrasi, ASN.] Text (Aplikasi E-Keurani, Integrasi, ASN.)
Dimas Dinata, 190802037, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi berbasis elektronik yaitu untuk mengatasi persoalan dalam proses pengintegrasian data ASN di lingkungan Pemerintah Aceh yang sebelumnya dilakukan secara manual kini akan beralih kesistem elektronik. Data keadaan real pegawai ASN Pemerintah Aceh sangaat sulit diperoleh, karena disebabkan daerah tidak memiliki sistem aplikasi kepegawaian masing-masing, sehingga sulit untuk mengintegrasikan data ASN di lingkungan Pemerintah Aceh. Oleh karena itu Pemerintah Aceh kemudian membuat suatu sistem aplikasi kepegawaian yaitu aplikasi E-Keurani, yang berguna untuk menginput data para pegawai ASN di lingkungn Pemerintah Aceh, sehingga diharapkan terintegrasinya data para pegawai di dalam satu sistem aplikasi saja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aplikasi E-Keurani dalam mengintegrasikan data ASN pada BKA, dan apa saja faktor penghambat dalam mengintegrasikan data ASN pada BKA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melelui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aplikasi E-Keurani dalam mengintegrasikan data ASN pada Badan Kepegawaian Aceh sudah berjalan, serta data Aparatur Sipil Negara sudah masuk dalam sistem database aplikasi E-Keurani sehingga kemudian data sudah terintegrasi, akan tetapi belum optimal disebabkan masih adanya daerah Kab/Kota yang belum bergabung dalam penggunaan aplikasi E-Keurani. Namun dalam proses pengintegrasian data melalui aplikasi E-Keurani terdapat faktor penghambat seperti ketidak taatan pemerintah daerah terhadap regulasi yang ada, kurangnya dukungan dari BKPSDM Kab/Kota dalam penggunaan aplikasi E- Keurani, sarana dan prasarana yang belum memadain seperti server dalam kapasitas besar, gangguan jaringan, serta kuragnya SDM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Dimas Dinata Dimas
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:19
Last Modified: 05 Jan 2024 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34443

Actions (login required)

View Item
View Item