Pemagangan Masyarakat Dalam Mengurangi Kemiskinan Ekstrim Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Mobilitas Penduduk Aceh

Dirva Qadri, 190802018 (2023) Pemagangan Masyarakat Dalam Mengurangi Kemiskinan Ekstrim Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Mobilitas Penduduk Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemagangan Masyarakat Dalam Mengurangi Kemiskinan Ekstrim  Pada Dinas Tenaga  Kerja Dan Mobilitas  Penduduk Aceh] Text (Pemagangan Masyarakat Dalam Mengurangi Kemiskinan Ekstrim Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Mobilitas Penduduk Aceh)
FULL SKRIPSI DIRVA QADRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh pada tahun 2021 menyebutkan Provinsi Aceh menjadi provinsi termiskin di Pulau Sumatera, salah satu penyebab kemiskinan ialah pengangguran. Pemerintah Aceh berinisiatif meningkatkan program akselerasi untuk proses penyerapan tenaga kerja skill melalui program pemagangan dalam negeri dan workplace training yang ditempatkan perusahaan mitra kerjasama Dinas Tenaga Kerja Dan Mobilitas Penduduk Provinsi Aceh selama 3-5 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan faktor penghambat pemagangan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, yang sudah dilakukan oleh pemerintah Aceh.metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data degan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan besaran persentase perekrutan tenaga kerja skill setelah pelaksanaan program pemagangan dalam negeri dan workplace training sebesar 68% pada tahun 2020, 78% pada tahun 2021 dan 82% pada tahun 2022. Besaran persentase ini dapat dikategorikan program pemagangan berjalan secara efektif dikarenakan jumlah peserta magang yang terserap di dunia kerja meningkat setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Dirva Qadri Dirva
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:09
Last Modified: 05 Jan 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34445

Actions (login required)

View Item
View Item