Strategi Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh Dalam Meningkatkan Pajak Restoran

Muhammad Riski, 190802030 (2023) Strategi Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh Dalam Meningkatkan Pajak Restoran. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi, Pajak Restoran, Kota Banda Aceh] Text (Strategi, Pajak Restoran, Kota Banda Aceh)
Muhammad Riski, 190802030, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pajak restoran merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah di Kota Banda Aceh yang berasal dari sektor pajak daerah. Salah satu komponen utama dari pendapatan asli daerah (PAD) adalah penerimaan yang berasal dari pajak daerah. Setiap masyarakat yang menikmati jasa yang diberikan oleh pemerintah harus taat untuk membayar pajak karena dari pajak tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan umum secara luas bagi perekonomian masyarakat. Dikarenakan seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dalam pembangunan memerlukan dana yang sangat besar, dan ini tidak akan terwujud jika pemerintah daerah tidak bisa memaksimalkan pontensi-potensi yang ada di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh dalam meningkatkan pajak restoran dan melihat apa yang menjadi faktor penghambat dari strategi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pelayanan dan bantuan terhadap wajib pajak, sistem perpajakan yang adil, sanksi administrasi dan pidana, program informasi, yang dilakukan oleh BPKK Banda Aceh dalam pemungutan pajak restoran sudah berjalan, akan tetapi dalam pemungutan pajak restoran masih terdapat beberapa hambatan seperti halnya kurangnya omset dari wajib pajak, kurangnya pengetahuan dalam penghitungan pajak, dan penetapan pajak belum berdasarkan qanun. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh BPKK dalam pemungutan pajak restoran telah dilakukan akan tetapi masih ada beberapa hambatan yang dimana dengan adanya hambatan tersebut dapat menyebabkan kurangnya pendapatan pajak restoran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muhammad Riski Riski
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:20
Last Modified: 05 Jan 2024 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34447

Actions (login required)

View Item
View Item