Pengaruh Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Upah Minimum Regional (UMR) Terhadap Pengangguran di Provinsi Aceh

Melya Nurtiwi Ningsi, 180604101 (2023) Pengaruh Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Upah Minimum Regional (UMR) Terhadap Pengangguran di Provinsi Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upah	Minimum, Tingkat Partisipasi  Angkatan Kerja, dan pengangguran] Text (Upah Minimum, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, dan pengangguran)
Melia Nurtiwi, 180604101, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Masalah ketenagakerjaan menjadi satu dari banyaknya polemik di suatu negara atau daerah. Peningkatan jumlah pengangguran dapat terjadi karena banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh kondisi Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Upah Minimum Regional (UMR) di wilayah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Upah Minimum Regional (UMR) terhadap Pengangguran di Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan model analisis regresi linier berganda berbentuk data panel. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) berpengaruh negatif dan tidak segnifikan terhadap pengangguran dan Upah Minimum Regional (UMR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengangguran di Provinsi Aceh periode Tahun 2012-2022, dan secara simultan menunjukkan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Upah Minimum Regional (UMR) memiliki pengaruh terhadap pengangguran di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Melya Nurtiwi Ningsi Amel
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:00
Last Modified: 05 Jan 2024 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34449

Actions (login required)

View Item
View Item