Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Khalwat Di Kawasan Wisata Ulee Lheue Kota Banda Aceh

Muhammad Rezaldi, 190802045 (2023) Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Khalwat Di Kawasan Wisata Ulee Lheue Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Khalwat Di Kawasan Wisata Ulee Lheue Kota Banda Aceh] Text (Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Khalwat Di Kawasan Wisata Ulee Lheue Kota Banda Aceh)
SKRIPSI MUHAMMAD REZALDI CETAK 11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Wilayatul Hisbah merupakan sebuah lembaga yang bertugas untuk menegakkan amar, ma’ruf, dan nahi munkar di Provinsi Aceh. Salah satu tugasnya adalah pencegahan berbagai pelanggaran Syariat Islam seperti khalwat. Fenomena khalwat tersebut salah satunya ditemukan di Kawasan Wisata Ulee Lheue Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Wilayatul Hisbah dalam Mencegah khalwat di Kawasan Wisata Ulee Lheue Kota Banda Aceh serta melihat faktor pendukung dan penghambat pencegahannya. Penelitian ini dilakukan di kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh dan Kawasan Wisata Ulee Lheue. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Wilayatul Hisbah dalam pencegahan khalwat di Kawasan Wisata Ulee Lheue telah dilakukan dalam bentuk peringatan, pengawasan dan pembinaaan. Mulai dari menegur, menasehati hingga proses hukum sesuai dengan Qanun yang berlaku. Faktor pendukung pencegahan khalwat dipengaruhi oleh adanya kerja sama antar lembaga serta sarana dan prasarana yang memadai. Sementara faktor penghambat Wilayatul Hisbah dalam Pencegahan Khalwat Di Kawasan Wisata Ulee Lheue Kota Banda Aceh adalah Kurangnya dukungan dan kesadaran Pedagang Kaki Lima (PKL) dan masih diperlukan kesadaran pengunjung di lokasi Kawasan Wisata Ulee Lheue Kota Banda Aceh. Kesimpulan penelitian ini bahwa peran yang dilakukan Wilayatul Hisbah dalam pencegahan khalwat dengan melakukan peringatan, pengawasan, dan Pembinaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muhammad Rezaldi Rezaldi
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:09
Last Modified: 05 Jan 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34451

Actions (login required)

View Item
View Item