Peran Forum Bangun Aceh (FBA) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Inklusi Sosial Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Ingin Maju (Studi Di Gampong Luthu Dayah Krueng Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar)

Muhammad Rifqi, 190404030 (2024) Peran Forum Bangun Aceh (FBA) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Inklusi Sosial Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Ingin Maju (Studi Di Gampong Luthu Dayah Krueng Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Forum Bangun Aceh (FBA) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Inklusi Sosial Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Ingin Maju (Studi Di Gampong Luthu Dayah Krueng Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar)] Text (Peran Forum Bangun Aceh (FBA) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Inklusi Sosial Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Ingin Maju (Studi Di Gampong Luthu Dayah Krueng Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar))
Muhammad Rifqi, 190404030, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terbentuknya Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Gampong Luthu Dayah Krueng, untuk mengetahui peran Forum Bangun Aceh (FBA) dalam menerapkan pemberdayaan masyarakat inklusi melalui KSM di Gampong Luthu Dayah Krueng, dan untuk mengetahui bentuk-bentuk pemberdayaan pada KSM di Gampong Luthu Dayah Krueng. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan sumber data dari 10 responden yang menjadi subjek dalam penelitian ini diantaranya 2 koordinator Forum Bangun Aceh, 2 Pengurus KSM Ingin Maju, 5 Anggota KSM Ingin Maju, dan 1 Keuchik Gampong Luthu Dayah Krueng. Hasil dari penelitian ini menunjukan pemberdayaan berbasis inklusi sosial melalui KSM dinilai dapat berjalan lebih efektif untuk pemberdayaan suatu kelompok. Pemberdayaan berbasis Inklusi sosial melalui KSM bersifat terbuka dan secara sukarela bagi seluruh masyarakat. Forum Bangun Aceh sudah menjalankan perannya dengan baik sebagai pendiri, pembina, fasilitator dan pembimbing dalam pemberdayaan masyarakat berbasis inklusi sosial melalui KSM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Rifqi
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:10
Last Modified: 05 Jan 2024 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34455

Actions (login required)

View Item
View Item