Analisis Pengaruh Pemahaman Entrepreneurship Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Pesantren (Studi Dayah Mini Aceh).

Susi Afriani, 200602024 (2023) Analisis Pengaruh Pemahaman Entrepreneurship Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Pesantren (Studi Dayah Mini Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemahaman, entrepreneurship, kemampuan,    keterampilan, kreatif dan inovatif.] Text (Pemahaman, entrepreneurship, kemampuan, keterampilan, kreatif dan inovatif.)
Susi Afriani, 20062024, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dayah Mini Aceh memiliki potensi yang sangat baik dalam mendongkrak perekonomian. Hal ini dapat dilihat pada usaha yang sudah dikembangkan di Dayah Mini diantaranya tambak ikan dan udang, ternak kambing, ayam, bebek dan depot air yang dikelola langsung oleh para santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa pengaruh pemahaman entrepreneurship terhadap pemberdayaan ekonomi pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan populasi 30 orang santri Dayah Mini Aceh yang berusia 16-19 tahun. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemberdayaan pesantren. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor usia para santri yang terbilang masih sangat muda dalam mengambil suatu keputusan; kemampuan kewirausahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi pesantren. Hal ini dipengaruhi oleh peran santri sebagai pengelola usaha bukan pengurus administrasi maupun keberlanjutan usaha; keterampilan berwirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pesantren; kreatif dan inovatif dalam berwirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Susi Afriani Susi
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:12
Last Modified: 05 Jan 2024 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34456

Actions (login required)

View Item
View Item