Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Kartu Indonesia Pintar bagi siswa SMA Negeri 1 Sigunung Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara

Nia Oktaviani Limbong, 190802008 (2023) Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Kartu Indonesia Pintar bagi siswa SMA Negeri 1 Sigunung Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas, Pendidikan, Kartu Indonesia Pintar, SMA N1 Sigunung Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara] Text (Efektivitas, Pendidikan, Kartu Indonesia Pintar, SMA N1 Sigunung Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara)
Nia Oktaviani Limbong, 190802008, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kartu Indonesia Pintar merupakan Program Nasional yang bertujuan untuk memutuskan angka putus sekolah, memperoleh akses pelayanan yang layak dan membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar 12 Tahun, serta membantu kelancaran program sekolah. Program Kartu Indonesia Pintar dikeluarkan karena rendahnya partisipasi Pendidikan khususnya pada kelompok miskin karena tingginya biaya Pendidikan baik langsung maupun tidak langsung. Kebijakan ini berpijak pada Peraturan Presiden (perpres) Nomor 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Kartu Indonesia Pintar Bagi Siswa Sma Negeri 1 Sigunung Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang ada di SMA N1 Sigunung Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan dana bantuan Kartu Indonesia Pintar belum berjalan dengan efektif karena masih ada orang tua siswa yang salah mengalokasikan dana bantuan tersebut dan Penyaluran dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMA Negeri 1 Sigunung belum sepenuhnya tepat waktu. Hal ini dikarenakan bank penyalur kurang berpatisipasi sehingga Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) tidak berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nia Oktaviani Limbong Nia
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:19
Last Modified: 05 Jan 2024 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34457

Actions (login required)

View Item
View Item