Analisis Pro Dan Kontra Dakwah Ustadz Felix Y. Siauw Di Media Sosial

Chinta Damayanti, 190401037 (2024) Analisis Pro Dan Kontra Dakwah Ustadz Felix Y. Siauw Di Media Sosial. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Analisis Pro Dan Kontra Dakwah Ustadz Felix Y. Siauw Di Media Sosial] Text (Analisis Pro Dan Kontra Dakwah Ustadz Felix Y. Siauw Di Media Sosial)
Chinta Damayanti, 190401037, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang terus mengalami perubahan membuat aktifitas dakwah harus dikemas menjadi lebih menarik dan sudah seharusnya seorang da’i mampu menjadi tauladan bagi Masyarakat luas. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pro dan kontra dakwah ustadz Felix Y. Siauw di Media Sosial dan bagaimana ustadz Felix dapat bertahan dalam berdakwah di media sosial dengan berbagai kontra. Dakwah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyeru, mengajak, memanggil manusia untuk menaati Allah dan Rasul-Nya, mengerjakan perintah dan menjauhi segala larangannya, dengan perkembangan zaman yang terus mengalami perubahan membuat aktivitas dakwah harus dikemas menjadi lebih menarik agar semua orang senantiasa berada dijalan kebenaran. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah komentar-komentar netizen dalam postingan dakwah ustadz Felix Y. Siauw di media sosial Youtube, Twitter dan Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification dan teori new media. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua sudut pandang yang tidak dapat dihindari dari setiap hal yang dilakukan, seperti memposting dakwah melalui sebuah video, reels, dan cuitan yang dilakukan oleh ustadz Felix Y Siauw. Dalam postingan video di Youtube yang berjudul pilihan aqidah banyak netizen yang pro terhadap penyampaian beliau hanya sedikit yang kontra sedangkan cuitan yang diposting di media sosial twitter beliau lebih banyak yang kontra karena banyak netizen yang tidak setuju terhadap apa yang disampaikan oleh beliau dan reels yang diposting di Instagram yang berujudul semua salah suami lebih banyak yang pro karena materi yang disampaikan sangat mudah dipahami dan sesuai dengan fakta yang terjadi menurut netizen. Pemahaman ini penting untuk untuk membantu masyarakat untuk lebih bijak dalam berkomentar dan lebih objektif dan selektif melihat postingan dakwah secara keseluruhan sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi pihak manapun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Chinta Damayanti
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:23
Last Modified: 05 Jan 2024 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34461

Actions (login required)

View Item
View Item