Hubungan Antara Kepribadian Ekstraversi Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Siswa SMA Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat

Nasyawa Syifa Ufaira, 190901072 (2023) Hubungan Antara Kepribadian Ekstraversi Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Siswa SMA Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepribadian Ekstraversi, Nomophobia, Siswa] Text (Kepribadian Ekstraversi, Nomophobia, Siswa)
Nasyawa Syifa Ufaira, 190901072, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Nomophobia (no mobile phone phobia) adalah perasaan cemas atau ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keberadaan di luar jangkauan smartphone, Salah satu faktor yang mempengaruhi nomophobia adalah kepribadian ekstraversi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian ekstraversi dengan kecenderungan nomophobia pada siswa SMA Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur pada penelitian ini yaitu skala kepribadian ekstraversi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 127 siswa SMA Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Uji hipotesis menggunakan product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi r = 0,801 dengan ρ = 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kepribadian ekstraversi dengan nomophobia pada SMA Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nasyawa Syifa Ufaira Nasya
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:29
Last Modified: 05 Jan 2024 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34464

Actions (login required)

View Item
View Item