Hubungan Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Grit Pada Siswa Di SMAN Unggul Pidie Jaya

Nurulia 190901059, Nurulia 190901059 (2023) Hubungan Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Grit Pada Siswa Di SMAN Unggul Pidie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam  Pengasuhan Dengan Grit Pada Siswa  Di Sman Unggul Pidie Jaya] Text (Hubungan Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Grit Pada Siswa Di Sman Unggul Pidie Jaya)
Nurulia, 190901059, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

tuntutan dalam masa pendidikannya, membutuhkan kegigihan dan semangat pantang menyerah selain kecerdasan yang dimiliki. Kegigihan (grit) berhubungan dengan adanya dukungan atau keterlibatan dari orang tua termasuk persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan grit pada siswa di SMAN Unggul Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi dari Spearman. Jumlah populasi penelitian sebanyak 224 siswa dengan sampel sebanyak 139 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode stratified random sampling. Alat ukur dalam penelitian menggunakan skala persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan grit. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rho sebesar 0,443 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai maka hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan yang positif antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan grit. Semakin tinggi persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan maka akan semakin tinggi grit. Begitupun sebaliknya, semakin rendah persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan maka akan semakin rendah grit pada siswa di SMAN Unggul Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nurulia Lia
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:18
Last Modified: 08 Jan 2024 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34470

Actions (login required)

View Item
View Item