Strategi Dosen dalam Pembelajaran Materi PAI di Madrasah dan Sekolah pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN AR-raniry Banda Aceh

Desi Maulida, 160201030 (2024) Strategi Dosen dalam Pembelajaran Materi PAI di Madrasah dan Sekolah pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN AR-raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Dosen dalam Pembelajaran Materi PAI] Text (Strategi Dosen dalam Pembelajaran Materi PAI)
Desi Maulida, 160201130, FTK, PAI, 082238048672.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) harus menguasai semua materi PAI karena pembelajaran materi PAI ini merupakan pokok dari prodi PAI itu sendiri. Namun, pada kenyataannya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh masih ada mahasiswa PAI yang belum menguasai materi PAI di perkuliahan dan bahkan ada sebagian mahasiswa yang masih belum paham akan materi PAI tersebut. Dari permasalahan tersebut, peneliti tertarik ingin mengetahui apa saja strategi dosen dalam pembelajaran materi PAI di madrasah dan sekolah pada prodi PAI dan bagaimana problematika dan usaha solutif dalam meningkatkan keberhasilan pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta angket/kuesioner. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa dosen PAI menggunakan strategi yang berbeda. Ada yang menggunakan strategi discovery, strategi ekspositori, strategi pembelajaran kelompok, strategi group-individual learning dan strategi dengan melihat student orientik. Problematika yang terjadi dalam pembelajaran materi PAI di madrasah dan sekolah yaitu kurangnya minat mahasiswa dan kurangnya akan pengguasaan materi dikarenakan kurang membaca/mencari tahu, kurangnya kemampuan dalam menulis tulisan Arab serta lemahnya kemampuan dalam mendesain media. Problematika juga terjadi dari pihak pengajar itu sendiri diantaranya kurang penggunaan media dan kurang penggunaan metode/model yang bervariasi. Adapun usaha solutif dosen dalam meningkatkan pembelajaran yaitu ketersediaannya bahan ajar materi PAI baik di prodi maupun di perpustakaan. Adanya pertemuan antara dosen dengan pihak prodi untuk sharing mengenai permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran materi PAI serta saling sharing antara mahasiswa dengan dosen mengenai kendala dalam pembelajaran materi PAI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desi Maulida Desi
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:57
Last Modified: 08 Jan 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34484

Actions (login required)

View Item
View Item