Pengembangan Sistem Informasi Arsip Surat Dengan Metode Prototype Berbasis Website Studi Kasus : Prodi Teknologi Informsi

M.Yoga Agustiranda, 190705097 (2023) Pengembangan Sistem Informasi Arsip Surat Dengan Metode Prototype Berbasis Website Studi Kasus : Prodi Teknologi Informsi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Sistem Informasi Arsip Surat Dengan metode Prototype Berbasis Website Studi Kasus : Prodi Teknologi Informsi] Text (Pengembangan Sistem Informasi Arsip Surat Dengan metode Prototype Berbasis Website Studi Kasus : Prodi Teknologi Informsi)
TA - MHS TI - M.YOGA AGUSTIRANDA - 190705097.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, saat ini menghadapi beberapa tantangan dalam pengelolaan arsip surat. Pengarsipan surat yang masih menggunakan metode konvensional telah menyebabkan sejumlah masalah, seperti kesulitan dalam mencari surat yang telah diarsipkan, penomoran surat keluar yang dilakukan secara manual memerlukan waktu lebih banyak serta proses pembuatan surat yang menyebabkan terjadi kesalahan dalam pengetikan. Selain itu, proses persetujuan dan tanda tangan surat oleh ketua program studi selama ini juga masih berlangsung secara manual dalam hal tersebut memerlukan ruang dan waktu. Untuk mengatasi permasalahan ini, tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pengarsipan surat berbasis website dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi prototype. Aplikasi ini dibangun dengan memanfaatkan framework Laravel versi 10, HTML, CSS, dan JavaScript, guna memastikan pengelolaan arsip surat yang lebih efisien. Selain itu, aplikasi ini juga memecahkan masalah saat staf ingin meminta tanda tangan dengan menambahkan fitur QRcode. Aplikasi di uji menggunakan metode black box testing untuk memastikan tingkat akurasi yang valid. Hasilnya diperoleh pada bagian halaman yang terdiri dari login, dashboard, transaksi surat, laporan surat, gallery surat, dan user profile.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: M. Yoga Agustiranda Yoga
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:03
Last Modified: 08 Jan 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34487

Actions (login required)

View Item
View Item