Implementasi Active Learning terhadap Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang

Hisbullah, 190201101 (2023) Implementasi Active Learning terhadap Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Active Learning terhadap Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang] Text (Implementasi Active Learning terhadap Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang)
Skripsi Hisbullah(190201101).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Guru adalah orang yang berperan dalam pendidikan sekaligus orang yang menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus mampu memberikan pengajaran sesuai dengan profesinya. Skripsi ini membahas tentang Implementasi Active Learning terhadap Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang dengan rumusan pertanyaan: 1) Bagaimana implementasi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi active learning pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan di lapangan adalah: 1) Implementasi active learning terhadap pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang dilaksanakan sangat baik karena sudah menerapkan active learning dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas dan demonstrasi. Peserta didik juga menyenangi dan mudah memahami pembelajaran dengan active learning, namun masih ada kendala dan hambatan dari segi pelaksanaan active learning. 2) Faktor pendukung dalam implementasi active learning pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sabang yaitu siswa aktif mengikuti kegiatan active learning. Adapun penghambatnya adalah memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan passive learning dan perlu merancang, mempersiapkan serta memfasilitasi kegiatan pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran serta membutuhkan energi yang ekstra. Sarana dan prasarana juga menjadi kendala seperti kurangnya fasilitas infocus dan laptop, walau sudah sebagian besar terpenuhi namun perlu ditingkatkan lagi karena perkembangan zaman sekarang ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hisbullah Hisbullah
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:08
Last Modified: 08 Jan 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34502

Actions (login required)

View Item
View Item