Analisis Potensi Desa Pesisir Berbasis Blue Economy Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (Studi Kasus Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh)

Faiza Humairah, 200602017 (2023) Analisis Potensi Desa Pesisir Berbasis Blue Economy Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (Studi Kasus Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Blue Economy] Text (Blue Economy)
Faiza Humairah, 200602017, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Potensi desa pesisir Indonesia sangat besar, terutama potensi sumber daya laut. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mewujudkan tujuan Life Below Water dari Sustainable Development Goals (SDGs). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi Gampong Lampulo dalam mewujudkan tujuan SDGs Life Below Water yang berkaitan dengan keberlanjutan ekosistem laut, serta mengidentifikasi kendala yang muncul dalam upaya mengelola potensi tersebut menggunakan konsep blue economy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian yang digunakan sebanyak sepuluh orang, diantaranya ada satu panglima laot dan sembilan orang nelayan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gampong Lampulo memiliki potensi sumber daya laut yang besar. Potensi tersebut dapat memberikan sumber penghasilan yang stabil bagi warga desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Namun, pengelolaan potensi tersebut masih menghadapi beberapa kendala, antara lain keadaan alam yang tidak menentu dan harga BBM yang mahal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Faiza Humairah
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:25
Last Modified: 08 Jan 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34505

Actions (login required)

View Item
View Item