Analisis Pemetaan Industri Kerajinan Kasab Aceh Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Gampong Alue Ie Mameh Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya)

Isra Wulya Putri, 200602029 (2023) Analisis Pemetaan Industri Kerajinan Kasab Aceh Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Gampong Alue Ie Mameh Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kerajinan Kasab] Text (Kerajinan Kasab)
Isra Wulya Putri, 200602029, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan kondisi umum kehidupan dan kesejahteraan sosial suatu kelompok manusia dalam suatu wilayah atau komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemetaan industri kerajinan kasab di Gampong Alue Ie Mameh Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, serta mengevaluasi kontribusi kerajinan tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam. Gampong Alue Ie Mameh merupakan gampong yang memiliki produksi kerajinan yang baik, sehingga pihak Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Nagan Raya akan membentuk gampong ini menjadi desa kerajinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, informan pada penelitian ini sebanyak sepuluh orang, diantaranya lima pengrajin kasab, tiga pemilik kerajinan kasab dan dua pihak DEKRANASDA Nagan Raya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang potensi industri kerajinan kasab Aceh dalam pengembangan kerajinan tradisional. Serta mendukung indikator kesejahteraan masyarakat dari segi pendapatan para pengrajin dapat memenuhi kebutuhan dari pendapatan yang didapatkan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Isra Wulya Putri Isra
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:25
Last Modified: 08 Jan 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34509

Actions (login required)

View Item
View Item