Upaya Pelayanan Rehabilitasi Terhadap Penyalahgunaan Napza Di Yayasan Generasi Emas Aceh (Gema)

Nur Atikah, 190405082 (2024) Upaya Pelayanan Rehabilitasi Terhadap Penyalahgunaan Napza Di Yayasan Generasi Emas Aceh (Gema). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of pelayanan rehabilitasi terhadap penyalahgunaan napza] Text (pelayanan rehabilitasi terhadap penyalahgunaan napza)
SKRIPSI-KESEJAHTERAAN SOSIAL (NUR ATIKAH-190405082).pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) merupakan satu zat maupun obat yang berasal dari tanaman atau bahan lainnya yang tidak bersangkutan dengan tanaman, baik itu secara sintetis ataupun semi sintetis. Ketika seseorang sudah menggunakan bahan tersebut secara berlebihan, maka akan pengalami ketergantungan dan susah untuk dihentikan, sehingga ingin memakai lagi dan membuatnya menjadi penyalahgunaan. Dampak yang bakal dirasakan yaitu gangguan fungsi ataupun ketidakfungsian dan kerusakan yang menyangkut dengan organ vital. dan gangguan mental yang mengalami penderitaan berkepanjangan sehingga mengalami kematian secara percuma. Upaya yang diberikan kepada penyahgunaan NAPZA dengan membawa ke tempat rehabilitasi NAPZA. Rehabilitasi adalah tempat pemulihan dan perawatan khusus untuk masyarakat yang memiliki permasalahan social, terutama penyalahgunaan NAPZA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya yang diberikan oleh Yayasan Generasi Emas Aceh (GEMA) terhadap penyalahgunaan NAPZA yang menjalani pelayanan rehabiltasi NAPZA. Jenis penelitian yang di gunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentansi, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa upaya pelayanan rehabilitasi NAPZA di Yayasan Generasi Emas Aceh memberikan pelayanan selama 6 bulan. Jenis pelayanan yang diberikan yaitu: pelayanan sosial, pelayanan medis, dan pelayanan spiritual. Adapun alur tahapan pelayanan di yayasan ini yaitu screening, assessment, dotektifikasi, primary program, konseling keluarga, dan aftercare in house. Adapun hambatan/kendala yang terjadi lembaga tersebut yaitu kekurangan dana, kurang staff yang profesional, dana klien yang tidak mampu, dan kurang bekerja sama. Kekurangan dapat menjadi penghambat rehabilitasi karena dana merupakan suatu hal penting dalam pelayanan rehabilitasi karena dana yang didapatkan hanya dari klien yang menjalani rehabilitasi NAPZA.
Kata Kunci: NAPZA, Penyalahgunaan NAPZA, Rehabilitasi, Yayasan Generasi Emas Aceh (GEMA)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Nur Atikah
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:16
Last Modified: 08 Jan 2024 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34512

Actions (login required)

View Item
View Item