Analisis Pengaruh Marketplace Shopee Dan Modern Lifestyle Terhadap Perilaku Impulsive Buying Dalam Perspektif Konsumsi Islam (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Dan FEB USK)

Muhammad Fitrah Insani, 200602022 (2023) Analisis Pengaruh Marketplace Shopee Dan Modern Lifestyle Terhadap Perilaku Impulsive Buying Dalam Perspektif Konsumsi Islam (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Dan FEB USK). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Marketplace Shopee] Text (Marketplace Shopee)
Muhammad Fitrah Insani, 200602022, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan era globalisasi dengan adanya kemajuan teknologi semakin pesat. Terutama banyaknya marketplace yang berkembang di Indonesia terkhusus Shopee. Kegunaan Shopee salah satunya yaitu sebagai salah satu media dalam pemenuhan kebutuhan sehari hari seperti lifestyle modernnya. Dengan kemudahan aksesnya yang memungkinkan pengguna membuka Shopee di berbagai tempat, serta ketersediaan beragam produk dan penawaran menarik dapat menyebabkan mahasiswa secara tidak langsung melakukan perilaku impulsive buying. Dalam Islam tentunya hal ini sangat di larang, karena dalam Islam konsumsi seseorang juga telah diatur sesuai dengan prinsip prinsip syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Marketplace Shopee Dan Modern Lifestyle Terhadap Perilaku Impulsive Buying. Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan campuran (mix methode). Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan pengujian asumsi klasik terhadap 112 responden. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dengan pembagian kuesioner melalui google form dan wawancara kepada para mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry dan FEB USK. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial variabel marketplace shopee berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying dan variabel modern lifestyle juga berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying. Selanjutnya secara simultan variabel marketplace shopee dan modern lifestyle berpengaruh positif terhadap impulsive buying. Kesimpulan dari hasil wawancara seorang konsumen perlu dapat mengendalikan dirinya sendiri dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana mengonsumsi sesuai dengan panduan prinsip Islam dan terhindar dari perilaku konsumsi yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fitrah Insani Fitrah
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:25
Last Modified: 08 Jan 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item
View Item