Kontribusi Pabrik Pupuk Magnesium Terhadap Pengembangan Masyarakat Gampong Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Ziaul Fikri, 190404049 (2024) Kontribusi Pabrik Pupuk Magnesium Terhadap Pengembangan Masyarakat Gampong Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kontribusi Pabrik Pupuk Magnesium Terhadap Pengembangan Masyarakat Gampong Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar] Text (Kontribusi Pabrik Pupuk Magnesium Terhadap Pengembangan Masyarakat Gampong Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar)
Ziaul Fikri, 190404049, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Pabrik Pupuk Magnesium CV. 3 KJ Jaya dalam mengembangkan kehidupan masyarakat di Gampong Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Kontribusi yang diberikan oleh kehadiran Pabrik Pupuk Magnesium yang dimaksud dalam penelitian ini berupa implementasi penyaluran dana CSR (Corporate Social Responsibility) kepada masyarakat Gampong Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pabrik pupuk magnesium CV. 3 KJ Jaya baik dari segi pengembangan ekonomi dan pengembangan hard skill adalah memberikan dampak secara signifikan terhadap masyarakat, pekerja, pemerintah, dan lingkungan. Hasil dari kontribusi pabrik pupuk magnesium memberikan dampak positif bagi masyarakat yaitu terbuka lapangan kerja baru yang mampu menyerap tenaga kerja dari desa tersebut, donasi berupa pupuk gratis bagi para petani sehingga membantu petani meminimalis pengeluaran untuk keperluan pertanian, pembangunan infrastruktur jalan desa yang mempermudah akses transportasi masyarakat desa, dan pelatihan produksi pupuk magnesium dari potensi sumber daya alam berupa batu magnesium yang berada di Gunung Krueng Jreu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ziaul Fikri
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:05
Last Modified: 08 Jan 2024 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34530

Actions (login required)

View Item
View Item