Peran Imam Gampong Dalam Membina Pengajian Anak- anak Nelayan di Gampong Bugak Punjot Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen

M. Zaki Saputra, 190201001 (2023) Peran Imam Gampong Dalam Membina Pengajian Anak- anak Nelayan di Gampong Bugak Punjot Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembinaan Pengajian] Text (Pembinaan Pengajian)
M. Zaki Saputra, 190201001, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Peran Imam Gampong merupakan hal yang sangat penting dalam membina pengajian anak-anak nelayan di gampong Bugak Punjot, dikarenakan di gampong tersebut banyak orang tua yang bekerja sebagai nelayan, oleh sebab itu sangat diperlukan pendidikan agama yang lebih untuk anak. Maka untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Imam Gampong dalam membina pengajian anak-anak nelayan di gampong Bugak Punjot, bagaimana belajar anak-anak nelayan di gampog bugak punjot, dan apa saja hambatan dari pelaksanaan pengajian anak-anak di Gampong Bugak Punjot. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi.Adapun objek dalam penelitian ini adalah peran Imam Gampong dalam membina pengajian anak-anak nelayan.Sedangkan subjek penelitian ini merupakan Imam Gampong Bugak Punjot. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa apa saja peran Imam Gampong dalam membina pengajian anak-anak nelayan adalah menjalankan program, langkah-langkah dalam memakmurkan balai pengajian, serta cara memberi nasehat dalam menyelesaikan sengketa. Selain itu juga untuk meningkatkan keberagamaan anak-anak nelayan.Dengan demikian, peran Imam Gampong sangat berguna untuk balai pengajian dan lingkungan sekitar.Adapun faktor yang menghambat pembinaan pengajian anak-anak nelayan di Gamponng Bugak Punjot dipengaruhi dua faktor, yaitu factor internal dan eksternal.Faktor internal berasal dari tingkat pemahaman santri dan kurang minat belajar, sedangkan factor eksternal berasal dari fasilitas yang kurang memadai, dukungan orang tua dan dukungan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Zaki Saputra
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:06
Last Modified: 08 Jan 2024 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34537

Actions (login required)

View Item
View Item