Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Tajhiz Mayit Kelas XII Di SMKS Dharma Shalihat Alue Bilie Tahun Ajaran 2023/2024

Farisah Humaira, 180201108 (2024) Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Tajhiz Mayit Kelas XII Di SMKS Dharma Shalihat Alue Bilie Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Tajhiz Mayit Kelas XII Di SMKS Dharma Shalihat Alue Bilie Tahun Ajaran 2023/2024] Text (Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Tajhiz Mayit Kelas XII Di SMKS Dharma Shalihat Alue Bilie Tahun Ajaran 2023/2024)
Farisah Humaira, 180201108, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh siswa kelas XII di SMKS Dharma Shalihat yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tajhiz mayit terutama dalam hafalan serta bacaan shalat jenazah yang pernah dipelajari dalam kelas sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan materi tersebut dianggap sulit. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini, yaitu: 1) Apa saja faktor kesulitan belajar siswa pada materi Tajhiz Mayit kelas XII di SMKS Darma Shalihat Alue Bilie tahun ajaran 2023/2024? 2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi Tajhiz Mayit?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam skripsi ini yaitu 1 orang guru PAI, 1 orang guru BK dan 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor kesulitan belajar siswa pada materi Tajhiz Mayit yaitu: Pertama, sebagian siswa lambat menguasai materi pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan terdapat perbedaan dalam tingkat kecerdasan serta gaya belajar setiap siswa di kelas, metode yang digunakan guru kurang efektif serta kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Kedua, pencapaian nilai yang rendah, hal tersebut dikarenakan kurangnya motivasi siswa dalam belajar PAI. Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu mengadakan bimbingan belajar khusus pada siswa yang mengalami kesulitan belajar, menganalisis prestasi belajar siswa serta bekerjasama dengan guru BK dalam melakukan bimbingan konseling secara individual maupun kelompok. Simpulan, maka dengan upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa SMKS Dharma Shalihat sudah maksimal sehingga kesulitan belajar dapat diatasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farisah Humaira
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:22
Last Modified: 09 Jan 2024 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34539

Actions (login required)

View Item
View Item