Peran Pelajar Islam Indonesia (PII) Dalam Mengembangkan Edukasi Islami Di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara

Rasyida Ashfia Br. Ginting, 190201153 (2024) Peran Pelajar Islam Indonesia (PII) Dalam Mengembangkan Edukasi Islami Di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Pelajar Islam Indonesia (PII) Dalam Mengembangkan Edukasi Islami Di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara] Text (Peran Pelajar Islam Indonesia (PII) Dalam Mengembangkan Edukasi Islami Di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara)
Rasyida Ashfia Br. Ginting, 190201153, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pelajar Islam Indonesia atau biasa disingkat dengan PII merupakan organisasi pelajar tertua yang lahir setelah dua tahun kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 04 Mei 1947. PII masuk ke Kota Tanjung Balai pada tahun 1954 yang dibawa oleh Jamaluddin Batubara. Semenjak adanya PII di Kota Tanjung Balai, edukasi Islam semakin berkembang. Namun selama ini masih banyak para pelajar Islam Kota Tanjung Balai yang kurang tertarik dengan kegiatan-kegiatan religi dan kurangnya himbauan dan perhatian serta dukungan dari para tokoh-tokoh besar PII dan institusi pemerintahan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa program organisasi pelajar Islam Indonesia (PII) dalam mengedukasi masyarakat Kota Tanjung Balai?; 2) Bagaimana peran organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) dalam mengembangkan edukasi Islami di Kota Tanjung Balai?; 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) dalam mengembangkan edukasi Islami di Kota Tanjung Balai?. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PD PII Kota Tanjung Balai memiliki program kerja antara lain Tabligh Akbar, Khataman Qur’an Akbar, Festival Pelajar, Kajian Muslimah, Talk Show Inspiratif, dan Dakwah Kemanusiaan; 2) Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan religi, PII Kota Tanjung Balai sudah sangat memiliki peran penting dalam mengembangkan edukasi Islami di Kota Tanjung Balai; 3) Faktor pendukungnya adalah adanya bantuan dan dukungan yang didapatkan dari Keluarga Besar dan Demisioner PII Kota Tanjung Balai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya bantuan dan dukungan dari pemerintah. Kesimpulannya adalah PII Kota Tanjung Balai telah berperan dalam mengembangkan edukasi Islami sehingga dapat merangkul dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Ashfia Br. Ginting
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:00
Last Modified: 09 Jan 2024 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34546

Actions (login required)

View Item
View Item