Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Po Teumereuhom Sebagai Objek Wisata Religi (Studi Kasus Gampong Glee Jong Kec. Jaya Kabupaten Aceh Jaya)

Misdar Astuti, 170305061 (2022) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Po Teumereuhom Sebagai Objek Wisata Religi (Studi Kasus Gampong Glee Jong Kec. Jaya Kabupaten Aceh Jaya). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan  WisataPo Teumereuhom Sebagai Objek Wisata   Religi (Studi Kasus GampongGlee Jong Kec. JayaKabupaten Aceh Jaya)] Text (Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan WisataPo Teumereuhom Sebagai Objek Wisata Religi (Studi Kasus GampongGlee Jong Kec. JayaKabupaten Aceh Jaya))
MISDAR S.SOS minta ttd (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Seiring berkembangnya sektor pariwisata, belum lama ini dikenal dengan istilah wisata halal atau “halal turism” sehingga trend ini mulai berkembang ke beberapa tempat. Salah satunya destinasi wisata Po Teumereuhoem. Objek wisata Po Teumereuhoem merupakan situs sejarah makam para raja yang berjuang mempertahankan Agama Islam sekitar pertengahan abad ke-13 M, sehingga tempat ini menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata Po teumereuhoem sebagai wisata religi. Penelitian skripsi ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Gampong Glee Jong, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara. Subjek penelitain berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan WisataPo Teumereuhom Sebagai Objek Wisata Religi, yaitu : (1) Partisipasi dalam dimensi kegiatan, seperti ikut serta kegiatan gotong royong dan menjadi panitia kegiatan Seumelueng. (2) Partisipasi dalam dimensi pengambilan keputusan, yaitu ikut serta dalam bermusyawarah, diskusi untuk perkembangan wisata. (3) partisipasi dalam dimensi materil, yaitu ikut mencari dana sumbangan untuk membangun fasilitas di objek wisata, dan (4) Partisipasi dalam pemamfaatan hasil, yaitu masyarakat dengan serta aktif dalam membangun usaha di komplek wisata Po Teumeureuhem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Misdar Astuti Misdar
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:37
Last Modified: 09 Jan 2024 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34549

Actions (login required)

View Item
View Item