Penerapan Media CD Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 1 Baitussalam

Riska Hastuti, 180208022 (2023) Penerapan Media CD Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 1 Baitussalam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media CD Interaktif, Laju Reaksi, Hasil Belajar] Text (Media CD Interaktif, Laju Reaksi, Hasil Belajar)
Riska Hastuti, 180208022, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia di SMA Negeri 1 Baitussalam dapat diketahui rata-rata hasil belajar siswa pada materi kimia terutama pada materi laju reaksi belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar yaitu 75. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan media ketika pembelajaran sehingga belajar terasa monoton dan kurang menarik bagi siswa, hal ini menyebabkan nenurunnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan media CD interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan media CD interktif. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA 2. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan rumus ketuntasan individual dan klasikal, observasi dan angket di analisis dengan persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil tes siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata yaitu 75 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 58,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Persentase aktivitas guru siklus I yaitu 78% dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Persentase respon siswa sebanyak 89,62% dikategorikan sangat tertarik dengan penerapan media CD interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media CD interaktif pada materi laju reaksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Baitussalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Riska Hastuti Riska
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:34
Last Modified: 09 Jan 2024 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34551

Actions (login required)

View Item
View Item